Bapem Perda DPRD Banyuwangi Optimis 19 Raperda Selesai Tahun Ini

Home / Berita / Bapem Perda DPRD Banyuwangi Optimis 19 Raperda Selesai Tahun Ini
Bapem Perda DPRD Banyuwangi Optimis 19 Raperda Selesai Tahun Ini Ketua Bapem Perda DPRD Banyuwangi, Ruliyono usai di wawancarai di halaman kantor dewan legislatif (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, BANYUWANGI – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD Banyuwangi optimis dapat menyelesaikan hingga mengesahkan ke 19 Raperda menjelang akhir tahun 2017.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Bapem Perda DPRD, Ruliyono yang mengatakan, pihaknya telah menyusun sejumlah 22 Raperda dibahas di DPRD setelah melalui mekanisme usulan beberapa anggota dewan dan memaparkannya untuk disetujui dihadapan Bapem Perda.

Akan tetapi, setelah diajukan ke Provinsi Jawa Timur dan setelah ada surat keputusan dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri) untuk dikonsultasikan akhirnya disetujui 19 Reperda.

Sebanyak 10 Raperda diantaranya merupakan usulan dari pemerintah eksekutif dan 9 Raperda lainnya adalah inisiatif anggota dewan legislatif Banyuwangi.

“Untuk usulan dari eksekutif jumlahnya 10 dan yang 9 itu inisiatif DPRD. Kalau kita optimis ke 19 Raperda ini dapat disahkan,” kata Ruli sapaannya, usai mengikuti paripurna di DPRD Banyuwangi, (27/11/2017).

Ruli menambahkan, akan tetapi pihaknya tidak dapat menjamin karena harus melalui mekanisme fasilitasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim yang membawahi 38 kabupaten/kota.

Sejauh ini dari ke 19 Raperda tersebut progres penyelesaiannya telah mencapai 80 persen.

“Prioritas yang akan kita dahulukan (Raperda) yang dari eksekutif tentang Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) kawasan strategis Bandar Udara Blimbingsari, Rogojampi, dan Kabat,” ujarnya. 

Sebelumnya, DPRD Banyuwangi menggelar rapat paripurna tentang program pembentukan peraturan daerah kabupaten Banyuwangi tahun 2018 dan pengambilan keputusan tentang Raperda APBD Kabupaten Banyuwangi tahun anggaran 2018. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com