Pelaku Pelemparan Batu ke Kereta Api Mayoritas Anak-Anak

Home / Berita / Pelaku Pelemparan Batu ke Kereta Api Mayoritas Anak-Anak
Pelaku Pelemparan Batu ke Kereta Api Mayoritas Anak-Anak Kereta Api (FOTO: Dok.TIMES Indponesia)

TIMESBONDOWOSO, JEMBER – Aksi pelemparan batu masih menjadi ancaman bagi kereta api yang melintas, khususnya di wilayah Daop 9 Jember. Tidak jarang akibat dari aksi tidak bertanggung jawab tersebut menimbulkan kerugian bagi PT KAI dan juga penumpang kereta.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember Luqman Arif mengatakan bahwa kasus pelemparan batu yang menyasar ke badan kereta api yang melintas menjadi perhatian pihaknya. Bahkan dia menyatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan petugas untuk menangkap basah pelaku pelemparan tersebut.

"Sudah ada beberapa yang ditindak," kata Luqman.

Luqman mengungkapkan kebanyakan pelaku merupakan anak-anak usia sekolah. "Kebanyakan mereka cuma iseng melempar batu ke arah kereta api yang melaju atau meletakkan besi di atas rel agar dilindas kereta. Biasanya paling ramai saat libur sekolah," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, kepala humas Daop termuda tersebut mengatakan bahwa pihaknya hanya memberikan teguran dan arahan kepada pelaku yang masih berusia anak-anak. Yakni dengan cara menemui orang tua pelaku dan meminta mereka untuk mengawasi kegiatan bermain anak-anaknya.

"Karena demi hukum pelaku yang masih di bawah usia 17 tahun tidak bisa diproses hukum hingga ke pengadilan. Jadi kami berikan teguran dan sosialisasi mengenai bahaya perbuatan pelemparan batu itu," ucapnya.

Ditanya soal lokasi rawan aksi pelemparan batu, Luqman mengatakan bahwa sepanjang perlintasan kereta api menjadi lokasi rawan aksi vandalisme tersebut. "Karena di sepanjang perlintasan kereta api di Indonesia masih terbuka," imbuhnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com