Informasi Geospasial Bantu Pengembangan Potensi Kabupaten Lamongan

Home / Berita / Informasi Geospasial Bantu Pengembangan Potensi Kabupaten Lamongan
Informasi Geospasial Bantu Pengembangan Potensi Kabupaten Lamongan Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati memberikan pemaparan dalam sosialisasi Diseminasi Informasi Geospasial di Universitas Islam Lamongan (Unisla), Senin (27/11/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, LAMONGAN – Kehadiran Badan Informasi Geospasial (BIG) telah dinantikan untuk mendukung pembangunan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang berbasis spasial sesuai dengan prioritas pembangunan nasional.

Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati, mengatakan, pemetaan di Kabupaten Lamongan, akan mendukung pembangunan. Apa sebab, karena Informasi Geospasial (IG) sangat penting dalam pengambilan kebijakan baik terkait tata ruang, maupun batas wilayah. 

“DIG punya prioritas, yaitu daerah perbatasan dan tertinggal, pedesaan, pencegahan dan penanggulangan bencana. Untuk mewujudkan pembangunan,” ucapnya dalam sosialisasi Diseminasi Informasi Geospasial, hasil kerjasama dengan Anggota DPR-RI, Komisi VII, Nasyirul Falah Amru, di Universitas Islam Lamongan (Unisla), Senin (27/11/2017). 

Untuk diketahui, BIG merupakan Lembaga Pemerintah non Kementerian (LPNK) yang membidangi urusan IG mendukung pembangunan nasional melalui data dan IG. IG merupakan informasi yang menyangkut lokasi dan keberadaan suatu objek pada permukaan bumi. 

IG akan bermanfaat dalam hal pengelolaan sumber daya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis, perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertanahan, serta bidang kepariwisataan.

Sosialisasi dengan tema pemanfaatan informasi geospasial untuk mendukung pembangunan nasional ini, akan mendukung pengambilan kebijakan di bidang ekonomi, sosial budaya, dan ketahanan nasional.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com