Kemenhub Minta Kenyamanan Penumpang Harus Diperhatikan

Home / Berita / Kemenhub Minta Kenyamanan Penumpang Harus Diperhatikan
Kemenhub Minta Kenyamanan Penumpang Harus Diperhatikan ILUSTRASI. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, JAKARTA – Kementerian Perhubungan minta kepada semua penyelenggara penerbangan baik maskapai penerbangan maupun pengelola bandara harus bekerja sama memberikan pelayanan kepada penumpang, terkait penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Penumpang yang ingin meneruskan perjalanan dengan moda lain maupun penumpang yang ingin bertahan di bandara harus diperhatikan kenyamanannya dan diberikan pelayanan yang baik sesuai aturan yang berlaku," Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pramintohadi Sukarno dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/11).

Menindaklanjuti perkembangan dampak erupsi Gunung Agung telah dilakukan rapat koordinasi yang dihadiri semua pemangku kepentingan Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 06.00 WITA, Senin ( 27/11) di ruang rapat EOC bandara, dipimpin Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV.

Sebelum rapat dimulai dilakukan observasi ke sisi udara Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk memastikan hasil paper test.

Dalam rapat koordinasi, disampaikan oleh BMKG terkait data dari VAAC Darwin beserta prediksinya yang secara ploting area telah menutupi ruang udara sekitar bandara. Arah sebaran debu vulkanik ke arah selatan dan tenggara.

Berdasar data paper test yang disampaikan pihak operator Air Asia terdeteksi bahwa sebaran abu vulkanik telah sampai area Bandara I Gusti Ngurah Rai (VA Positive). Dari penjelasan pihak Airnav Indonesia Cabang Denpasar bahwa ploting area jalur pemanduan lalu lintas pesawat udara telah tertutup oleh sebaran VA.

Dari hasil rapat koordinasi tersebut, Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memutuskan penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai pukul 07.00 WITA sejak Senin (27/11) sampai dengan 18 jam kedepan dengan evaluasi per 6 jam oleh airport community.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com