Eddy Rumpoko Resmikan Rumah Wisata Demokrasi

Home / Berita / Eddy Rumpoko Resmikan Rumah Wisata Demokrasi
Eddy Rumpoko Resmikan Rumah Wisata Demokrasi Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (ER), Resmikan Rumah Wisata Demokrasi (Foto: Susilo Trimulyanto/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, BATU – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko  (ER) tak henti-hentinya melakukan berbagai terobosan inovasi terkait industri pariwisata di Kota Wisata Batu (KWB) di masa akhir kepemimpinannya tahun 2017 ini.

Pada Rabu, (13/92017), misalnya, ER sapaan akrabnya meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Wisata Demokrasi bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Batu.

Peresmian ini tampak juga dihadiri oleh Komisioner KPU Prov Jatim & Kota Batu, perwakilan Kejari Batu, Kodim 0818, Polres Batu, pimpinan Parpol, Bank Mandiri dan Bank Jatim serta MUI Kota Batu.

“Dengan dibangunnya RPP Wisata Demokrasi di Kota Batu, diharapkan informasi tentang UU pemilu dan regulasi lainnya yang informatif dapat disampaikan demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat serta membangun kesadaran yang cerdas berkualitas terhadap berbagai kepentingan politik,” kata ER yang akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan pemerintahan Kota Batu kepada Walikota Terpilih Dewanti Rumpoko pada Desember 2017 mendatang.

EDDY-RUMPOKO-NYARz4T8.jpg

Menurut ER, KPU bukan hanya penyelenggara, namun juga pintu masuk bagi kesejahteraan masyarakat. RPP ini diharapkan sebagai tempat edukasi politik masyarakat sehingga wajah penyelenggaraan pemilu menjadi pesta demokrasi yang tidak ditakuti dan menakutkan. Kemasan Pemilu KWB diselenggarakan baik dan benar serta tidak identik dengan kekerasan. ER juga mengajak penyelenggara dan masyarakat untuk membangun demokrasi yang betul- betul positif dan bermanfaat. 

RPP ini bertempat di Jalan Raya Tlekung 212, Junrejo, Batu. RPP ini juga merupakan cara KPU berkomunikasi  menyampaikan informasi ke masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“RPP Wisata Demokrasi Kota Batu terdiri dari 2 ruangan, yakni ruangan simulasi pemilu dan studio audio visual. Selain itu RPP ini juga dihiasi dengan display tentang pemilu,” papar politisi yang pernah memimpin DPC PDI Perjuangan Kota Malang dan Kabupaten Malang ini.

ER juga berharap bahwa kehadiran RPP ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu-pemilu selanjutnya. RPP ini juga dapat menjadi sarana pendidikan politik yang berkarakter, santun, edukatif dan meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan terhadap masyarakat KWB pada khususnya dan Malang Raya pada umumnya.

“Saat ini Kota Batu menjadi pilot project RPP. Sebab, Kota Batu dianggap sebagai Kota dengan tingkat kesuksesan Pemilu Terbaik di Jawa Timur, baik dari partisipasi pemilih maupun  proses penyelenggaraannya,” pungkas ER menegaskan. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com