Mahasiswa KKN Unej Bantu Siswa di Bondowoso Belajar Daring

Home / Pendidikan / KKN Saat Pandemi, Mahasiswa Unej Bantu Siswa di Bondowoso Belajar Daring
KKN Saat Pandemi, Mahasiswa Unej Bantu Siswa di Bondowoso Belajar Daring Mahasiswa KKN Universitas Jember tengah membantu salah satu siswa belajar secara daring. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, JEMBER – Pandemi Covid-19 dimanfaatkan sejumlah mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang lagi melaksanakan KKN, untuk membantu siswa di Bondowoso belajar daring.

Salah satunya Atik Sri Suminarwati. Dia membantu memudahkan proses belajar mengajar siswa di SMP 2 Satu Atap Grujugan, dengan memanfaatkan sebuah aplikasi.

Atik Sri Suminarwati menjelaskan, dalam membantu pelajaran secara daring pihaknya menggunakan aplikasi Quipper. 

"Alasannya lebih mudah, dikarenakan pada sekolah tersebut masih belum mengenal media pembelajaran, yang bisa mendukung proses belajar mengajar secara daring," katanya.

Menurutnya, program ini bisa membatu antara siswa dan guru tetap melaksanakan proses belajar mengajar. "Sehingga pembelajaran tetap efektif," imbuhnya, Minggu (2/7/2020).

Sementara itu, Agustin Wulan Suci Dharmayanti, sebagai dosen pembimbing mengatakan, mahasiswa yang menjalankan program KKN, tetap harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Agar tidak ada penularan yang terjadi selama program dilaksanakan.  

“Mahasiswa dan sasaran secara mandiri mempersiapkan masker, handsanitizer, dan jaga jarak selama bertatap muka dengan sasaran,” imbaunya. 

Dijelaskannya, bahwa kegiatan ini difokuskan untuk pengenalan media pembelajaran, yang dapat membantu kegiatan proses belajar mengajar secara daring di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Seperti pengenalan aplikasi classroom, zoom, quipper, google meet, kelas pintar, ruang guru dan zenius. Akan tetapi disini lebih difokuskan ke media pembelajaran Quipper dikarenakan lebih praktis, sudah tersedia materi dan soal-soal yang akan diajarkan kepada siswa tersebut,” paparnya. 

Tak hanya itu kata dia, mahasiswa program studi ilmu keperawatan, juga mengedukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat.  

“Diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat, terutama dalam proses belajar mengajar yang menjadi kendala selama pandemi Covid-19 ini,” jelasnya

Informasi dihimpun, total ada 3.997 mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang mengikuti KKN, mulai 1 Juli 2020 sampai 14 Agustus 2020. dengan grand tema “Back to Village". (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com