Wajah Sehat dan Jauh dari Masalah dengan Perawatan Kulit Ini

Home / Gaya Hidup / Wajah Sehat dan Jauh dari Masalah dengan Perawatan Kulit Ini
Wajah Sehat dan Jauh dari Masalah dengan Perawatan Kulit Ini Kulit wajah bersih.

TIMESBONDOWOSO, JAKARTA – Memiliki kulit wajah sehat, bersih, dan cerah tentu impian setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit idaman ini, Anda tentu harus rajin melakukan perawatan kulit ini. Berikut ini berbagai perawatan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari masalah kulit wajah.

1. Kenali tipe kulit

Setiap orang memiliki tipe kulit wajah berbeda, seperti normal, kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif. Berbeda tipe kulit pun membutuhkan perawatan yang berbeda pula, baik produk maupun metode treatment.

Misalnya, bagi kulit kering disarankan memilih produk yang menghidrasi, kulit berminyak dengan produk yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori, dan sebagainya.

2. Double cleansing alias pembersihan ganda

Apa pun tipe kulit wajahmu, pastikan selalu menjaga kebersihan wajah dengan rajin membersihkan muka. Agar tak ada kotoran yang tertinggal, lakukan teknik double cleansing atau pembersihan ganda.

3. Hindari sering menyentuh wajah

Selain mencuci muka, biasakan untuk tidak mudah menyentuh wajah. Dalam beraktivitas sehari-hari, tangan bersentuhan dengan banyak hal sehingga mudah terkena kuman. Pastikan hanya menyentuh dengan tangan bersih supaya wajah tetap bersih dan tidak muncul jerawat.

4. Tidak sembarangan mengeringkan wajah

Usai mencuci, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk halus, bukan menggosok. Melansir situs Makeup.com, ahli kesehatan kulit Stacy Pox mengatakan kulit wajah adalah organ tubuh tertipis dan tersensitif. Sehingga segala perawatan harus dengan tindakan serba lembut.

Pastikan selalu menggunakan handuk bersih untuk mengelap wajah. Sebagian besar masalah jerawat disebabkan proses pengeringan wajah yang tidak higienis. Bedakan juga handuk yang digunakan untuk wajah dengan handuk mandi.

5. Gunakan toner

Usai mencuci dan mengeringkan wajah, selanjutnya gunakan toner untuk membersihkan pori dan menjaga pH kulit wajah, terlebih setelah terkena bahan kimia dari cleanser.

6. Wajah juga butuh 'vitamin'

Untuk perawatan wajah di pagi hari, gunakan serum antioksidan. Serum antioksidan menutrisi kulit dan melindungi dari bahaya sinar UV dan radikal bebas.

Di malam hari, usai menggunakan toner adalah waktu yang tepat untuk menggunakan krim mata. Bagian bawah mata pun perlu perawatan khusus agar terhindar dari kerutan dan iritasi.

7. Jaga kelembapan wajah

Setiap tipe kulit wajah, baik yang kering atau berminyak perlu dijaga kelembapannya. Sering orang berpikir wajah berminyak lebih mudah berjerawat sehingga tidak membutuhkan pelembap (moisturizer) agar tidak semakin berminyak. Padahal, pelembap berfungsi menjaga kadar minyak alami pada wajah.

8. Gunakan tabir surya

Tujuan utama menggunakan tabir surya atau sunscreen bukan sekadar menghindari kulit menjadi gosong, melainkan melindungi kulit wajah dari bahaya radiasi matahari. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen di pagi atau siang hari sebelum berkegiatan di luar rumah.

Dengan perawatan kulit di atas, Anda bisa bebas berbagai masalah kulit. Lakukan perawatan di atas untuk mendapatkan wajah sehat, bersih, dan cerah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com