Yuk, Bersihkan Usus dengan 6 Makanan Sehat Ini

Home / Gaya Hidup / Yuk, Bersihkan Usus dengan 6 Makanan Sehat Ini
Yuk, Bersihkan Usus dengan 6 Makanan Sehat Ini ILUSTRASI - Yoghurt. (FOTO: Friso)

TIMESBONDOWOSO, JAKARTA – Usus yang kotor berisiko mengalami gangguan pencernaan atau bahkan penurunan sistem kekebalan tubuh bisa meningkat. Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu membersihkan usus kita. Berikut ini adalah makanan sehat yang bisa membersihkan usus.

1. Alpukat

Salah satu buah yang populer bagi mereka yang sedang menjalani program diet ini ternyata bisa membantu membersihkan usus dari berbagai sisa makanan yang menempel. Fungsi ini didapatkan dari adanya kandungan lemak baik yang ada di dalamnya. Selain itu, di dalam alpukat juga terdapat kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Mengonsumsinya tentu akan membuat pencernaan menjadi semakin sehat.

2. Apel

Buah apel dikenal luas sebagai salah satu buah paling baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, di dalam apel ternyata juga ada kandungan serat baik yang bisa membantu membersihkan usus dari berbagai sisa makanan yang menempel.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi apel secara langsung, lengkap dengan kulitnya demi mendapatkan kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

3. Lemon

Salah satu jenis buah yang sering dijadikan bahan dasar minuman ini ternyata juga bisa membantu membersihkan usus, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan asam folat dan antioksidan yang bisa membantu membersihkan lemak yang menempel di bagian dalam dinding usus.

4. Jeruk bali

Selain buah lemon, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi buah dari keluarga sitrus lainnya, yakni jeruk bali. Buah dengan ukuran yang cukup besar ini cocok untuk dikonsumsi dalam kondisi segar, bukannya dijadikan jus. Selain kandungan vitamin C, jeruk bali juga tinggi kandungan antioksidan yang bisa membantu membersihkan usus dengan efektif. Saluran pencernaan pun bisa menjadi lebih sehat.

5. Stroberi

Salah satu jenis buah yang digemari banyak orang karena memiliki kombinasi rasa manis dan asam yang menyegarkan ini ternyata tinggi kandungan antioksidan dan vitamin C. Jumlahnya bahkan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang ada di dalam jeruk. Ditambah dengan berbagai senyawa aktif lainnya, stroberi juga mampu membantu proses pembersihan usus dengan baik.

6. Yoghurt

Salah satu produk turunan susu ini bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Hal ini tentu bisa berimbas pada usus yang bisa dibersihkan dengan maksimal. Selain membersihkan usus, salah satu makanan sehat ini juga memiliki kemampuan mengembalikan keseimbangan jumlah bakteri di dalam usus. Hal ini bisa menyehatkan pencernaan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com