Telapak Kaki Dingin, Ini Cara Mengatasinya

Home / Gaya Hidup / Telapak Kaki Dingin, Ini Cara Mengatasinya
Telapak Kaki Dingin, Ini Cara Mengatasinya ILUSTRASI - Mengatasi telapak kaki dingin. (FOTO: Shutterstock)

TIMESBONDOWOSO, JAKARTA – Setiap orang umumnya pernah mengalami telapak kaki dingin. Telapak kaki dingin karena hawa dingin, merupakan hal yang biasa. Namun, jika kondisi tersebut sering dirasakan tanpa pemicu yang jelas, sebaiknya hati-hati dengan penyakit gangguan kesehatan yang mungkin menyebabkannya.

Dilansir dari Alo Dokter, sirkulasi darah yang tidak optimal menjadi penyebab paling umum seseorang mengalami telapak kaki dingin. Hal tersebut mengakibatkan darah hangat kesulitan mengalir sampai ke kaki, sehingga telapak kaki terasa dingin. Sirkulasi buruk dapat terjadi akibat gangguan kerja jantung, sehingga mengalami kesulitan menyalurkan darah ke seluruh tubuh meski sudah berupaya keras.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar telapak kaki tidak dingin? Secara umum, selain menghangatkan tubuh, kemungkinan dokter akan merekomendasikan olahraga yang rutin dan teratur untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan sirkulasi darah. Olahraga dapat membantu mengobati atau mencegah berbagai masalah penyakit penyebab telapak kaki dingin.

Selain itu, untuk mengatasi gangguan jantung tertentu dan penyakit Raynaud kemungkinan dokter akan memberi obat penghambat kanal kalsium (calcium channel blocker) yang dapat membuka pembuluh darah dan membantu sirkulasi lebih baik. Demikian juga kondisi telapak kaki dingin lain, akan diobati sesuai penyebabnya.

Telapak kaki dingin dapat tergolong kondisi normal atau pertanda kondisi yang lebih serius. Konsultasi ke dokter, untuk memastikan penyebab serta cara penanganan yang tepat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com