Yuk Coba Bikin Sendiri Kue Kacang untuk Lebaran di Rumah Aja

Home / Gaya Hidup / Yuk Coba Bikin Sendiri Kue Kacang untuk Lebaran di Rumah Aja
Yuk Coba Bikin Sendiri Kue Kacang untuk Lebaran di Rumah Aja Kue kacang berbentuk love atau simbol hati. (Foto:kotakmasakan)

TIMESBONDOWOSO, JAKARTA – Menjelang hari raya Idul Fitri, orang-orang biasanya sudah mulai menyiapkan kue kering Lebaran untuk dimakan sendiri maupun dihidangkan ke para tamu yang datang berkunjung, baik itu handai taulan, kerabat ataupun pasangan. Sayangnya, lebaran tahun ini sedang pandemi Covid-19. Namun begitu, tidak ada salahnya mencoba resep dan bikin kue kering untuk merayakan lebaran di rumah aja bersama keluarga.

Aneka ragam kue kering mulai dari nastar, putri salju hingga kastengel memang bisa dibilang menjadi kue Lebaran favorit yang paling digemari. Begitu disukainya, banyak yang kue keringnya sudah keburu habis dimakan sebelum Hari Raya tiba.

Kue kering untuk sajian Lebaran sudah menjadi tradisi turun-temurun yang berlaku di Indonesia. Gak heran, harga jualnya pun terbilang cukup menguras dompet, terutama untuk kue-kue favorit. Salah satu kue kering favorit lebaran adalah kue kacang.

Kue kering Lebaran klasik berbahan kacang ini tetap menjadi idola dari dulu hingga kini. Gak heran, kamu akan sering menemukan kue kacang di meja ruang tamu saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga. 

Nah, dikutip dari lifepal, berikut ini resep dan cara bikin kue kacang untuk dicoba di rumah:

Bahan-bahan:
Tepung terigu 400 g     
Kacang tanah 250 g
Minyak goreng 200 g
Gula halus 150 g    
Garam 1 sdt    
Kuning telur 2 butir    
Mentega 1 sdm    

Cara membuat:
1. Haluskan kacang terlebih dengan cara ditumbuk atau diblender.
2. Campurkan beberapa bahan seperti, tepung terigu, kacang tanah yang sudah dihaluskan, minyak goreng, gula halus, dan garam ke dalam wadah.
3. Simpan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam lemari pendingin selama 1 jam dan tutupi wadah menggunakan plastik atau kain.
4. Keluarkan adonan dan diamkan sebentar dengan suhu ruangan.
5. Oleskan mentega pada oven.
6. Tuang dan bentuk adonan kue sesuai selera di loyang.
7. Campurkan putih telur dengan mentega di mangkuk.
8. Oleskan campuran tersebut pada bagian atas adonan yang sudah dibentuk.
9. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga berubah warna coklat keemasan.
10. Kue kering kacang siap disajikan.

Nah, itu dia resep dan cara membuat kue kacang untuk ceriakan lebaran di rumah aja. Anda juga bisa mengkreasikan bentuk kue kacang dengan berbagai bentuk, dari mulai bentuk love, bulan sabit, bulat, segitiga dan semacamnya sesuai selera. Selamat mencoba dan selamat hari raya idul fitri 1441 H. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com