Kini Fotografer Dituntut Lebih Praktis dan Cepat dengan Mengolah Foto di Smartphone

Home / Gaya Hidup / Kini Fotografer Dituntut Lebih Praktis dan Cepat dengan Mengolah Foto di Smartphone
Kini Fotografer Dituntut Lebih Praktis dan Cepat dengan Mengolah Foto di Smartphone Ilustrasi - Fotografer (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, MALANGF – Di era kekinian, fotografer dan konten kreator sudah mulai beralih mengedit foto di smartphone. Hal ini sebagai bentuk tuntutan di arus yang serba cepat dan canggih.

Selain lebih mudah, mengedit foto melalui smartphone lebih praktis dan cepat, tidak seperti mengedit melalui laptop.

"Sekarang sudah masanya orang habis motret dari kamera atu HP, mereka terus editing di smartphone," papar Hindam Basith Rafiqi, fotografer, Senin (13/1/2020).

Namun, Hindam tetap menegaskan  wawasan fotografi masih teap diperlukan meski beralih menggunakan smartphone. Pasalnya foto baru bisa disebut baik apabila dalam artian sesuai dengan yang dilihat.

Foto disini masuk dalam ranah seni, jadi tergantung pada selera dan keindahan.

"Mungkin bisa kita ambil kesimpulan dengan apa yang kita lihat, foto tidak terlalu terang dan gelap, kalau terang banget, detail informasi di foto kan juga bakal hilang. Kalau gelap banget kan gak keliatan - keliatan detail itu foto apa," jelas fotografer dan konten kreator Gartenhaus ini.

Kelebihan dari mengedit di smartphone, karya foto bisa langsung dilayangkan ke sosial media. "Nah kecepatan kita untuk tayang di sosmed tuh udah jadi satu kebanggaan tersendiri," tambah Hindam.

Di masa kini, lanjut Hindam, sudah bukan jamannya lagi mengedit foto menggunakan software dan laptop yang lama. Hindam menegaskan memang di masa kini profesi fotografer juga dituntut kualitas dan kuantitasnya. Hindam berharap agar para fotografer lebih peduli dan cepat beradaptasi dengan teknologi.

"Pokoknya adaptasi dan awarenya. Yang penting adalah kualitasnya, jangan dilihat, 'wah pake smartphone apaan nggak keren' padahal sudah ada teknologi yang membantu mengedit foto cepat dan bagus, ya itu harus adaptasi dan dipelajari oleh fotografer," ungkapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com