Empat Kecamatan di Banyuwangi Dapat Bantuan Air Bersih

Home / Berita / Empat Kecamatan di Banyuwangi Dapat Bantuan Air Bersih
Empat Kecamatan di Banyuwangi Dapat Bantuan Air Bersih Warga sedang mengambil air bersih dari tandon (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, BANYUWANGI – Sedikitnya empat kecamatan di Banyuwangi, Jawa Timur, mendapat bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi. Empat kecamatan itu meliputi Wongsorejo, Tegaldlimo, Bangorejo, dan Tegalsari.

"Sampai hari ini air bersih yang sudah terdistribusi dari BPBD melalui PUDAM Banyuwangi totalnya sebanyak 67 rit," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam, Kamis (15/8/2019).

Menurut Eka, bantuan berupa air bersih tersebut diberikan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan. Hal tersebut berdasarkan status tanggap bencana mulai pada 1 Agustus sampai 31 Oktober 2019.

"Meski begitu dari patokan waktu tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari perkembangan situasi dan kondisi di lapangan," ungkapnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyatakan, kemarau panjang masih terus akan terjadi sampai bulan Oktober 2019.

"Karena berdasarkan penghitungan saat ini angin timuran yang bertiup dari Australia masih membawa massa udara kering ke Indonesia sehingga tidak ada uap air yang terbawa," ungkap Kepala BMKG Banyuwangi, Supriyono.

Kata dia, udara kering juga disebabkan tidak adanya gangguan tekanan rendah di daerah utara garis katulistiwa, sehingga tidak ada perlambatan kecepatan angin yang dapat memunculkan awan hujan.

"Salah satu dampak yang ditimbulkan akibat kemarau panjang tersebut adalah adanya kekeringan di sejumlah wilayah di Banyuwangi," ujarnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com