Asal Jangan di Bogor, Mendagri Persilahkan Gubernur DKI Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Home / Berita / Asal Jangan di Bogor, Mendagri Persilahkan Gubernur DKI Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi
Asal Jangan di Bogor, Mendagri Persilahkan Gubernur DKI Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo tak mempersoalkan keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pulau Reklamasi.

Kata Tjahjo, pemilihan lokasi upacara pengibaran bendera 17 Agustus hak dan kewenangan Gubernur Anies. Termasuk misalnya di Pulau Reklmasi, Jakarta.

"Di mana pun (boleh) sepanjang itu di wilayah lingkup provinsi, kabupaten, kota. Kemendagri tidak ikut campur. Masalah tempat saja itu hak Pak Gubernur," ujar Tjahjo di kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Diketahui, Gubernur Anies Baswedan memutuskan upacara peringatan HUT ke-74 RI digelar di kawasan Pantai Maju yang merupakan hasil reklamasi Teluk Jakarta.

Keputusan tersebut dijabarkan dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019.

Mendagri Tjahjo sendiri mempersilahkan Gubernur DKI Jakarta menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia di mana pun. Asalkan masih di dalam teritorinya.

"Enggak masalah selama masih di wilayahnya, kecuali kalau membuat upacara di Bogor. Kalau masih di wilayah DKI, Gubernur mempunyai hak sepenuhnya sebagai penguasa daerah untuk menentukan tempat upacara, tempat kegiatan apapun dianggap itu baik." tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com