Idul Adha 1441 H, Ponpes Al Islah Bondowoso Sembelih 1.666 Hewan Kurban

Home / Berita / Idul Adha 1441 H, Ponpes Al Islah Bondowoso Sembelih 1.666 Hewan Kurban
Idul Adha 1441 H, Ponpes Al Islah Bondowoso Sembelih 1.666 Hewan Kurban Suasana pemotongan sebanyak 1.666 hewan kurban di Ponpes Al Islah Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESBONDOWOSO, BONDOWOSO – Pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini, Pondok Pesantren Modern Al Islah (Ponpes Al Islah) Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Menyembelih sebanyak 1.666 hewan kurban.

Penyembelihan ribuan hewan kurban tersebut berlangsung di Lapangan Ponpes. Hewan kurban yang disembelih terdiri dari 1.493 ekor kambing dan 173 ekor sapi.

Pengasuh Ponpes Al Ishlah KH Thoha Yusuf Zakaria mengatakan, penyembelihan tersebut, tetap dengan protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran Covid-19 saat membagikan daging kurban.

"Warga yang mengambil daging kurban, harus disemprot disinfektan dulu, cuci tangan, diukur suhunya, dan mereka harus menjaga jaga jarak," katanya.

Bahkan panitia penyembelihan hewan kurban juga wajib menjalankan protokol kesehatan. Namun demikian, kerumunan warga yang didominasi ibu-ibu tersebut tidak dapat dihindari. 

Diakuinya, pihak pondok telah mengerahkan petugas untuk mengurai kerumunan. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat membuat petugas kewalahan mengaturnya.

Bahkan, bagi penerima yang berasal dari luar kota, pihaknya berupaya untuk mengirim daging kurban tanpa harus datang ke lokasi.

"Bahkan ada satu di Bondowoso yaitu desa Gadingsari yang memang tidak kita bolehkan untuk datang kesini. Karena kita merasa di sana itu masuk zona yang tidak boleh keluar ke wilayah. Dan kita memproteksi diri kita dan masyarakat yang ada di sini," paparnya.

Informasi dihimpun, ribuan hewan qurban ini dibagikan kepada sekitar 25 ribu penerima, baik dari Kabupaten Bondowoso hingga dari luar kota.

Penerima juga berasal dari lembaga-lembaga, masjid, ponpes dan musholla yang tersebar di Jember, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo, Madura, Pasuruan, Lamongan, Jombang dan Bangil.

Hadir dalam penyembelihan hewan kurban dalam peringatan Hari Raya Idul Adha di Ponpes Al Islah Kabupaten Bondowoso tersebut, Bupati Salwa Arifin, dan sejumlah pihak dari Forpimcam Grujugan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com