Pansus DPRD Bondowoso: Rekrutmen Dua Direktur BUMD Cacat Prosedur

Home / Berita / Pansus DPRD Bondowoso: Rekrutmen Dua Direktur BUMD Cacat Prosedur
Pansus DPRD Bondowoso: Rekrutmen Dua Direktur BUMD Cacat Prosedur Anggota Pansus DPRD Bondowoso, H Tohari S.Ag (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESBONDOWOSO, BONDOWOSO – Setelah melakukan pemanggilan sejumlah pihak. Pansus DPRD Bondowoso menyebutkan bahwa rekrutmen dua Direktur BUMD, PDAM dan PT Bogem serta dewan pengawas PDAM tak sesuai prosedur.

Anggota Pansus, H Tohari S.Ag menjelaskan, rekrutmen itu dikatakan cacat prosedur karena beberapa hal.

Diantaranya, tahapan seleksi dewan pengawas (Dewas) PDAM, dereksi PDAM dan Dereksi PT Bogem hanya dilakukan oleh Timsel (tim seleksi), dan tidak dilaporkan secara utuh ke KH Salwa Arifin.

“Baik sebagai kepala daerah ataupun sebagai KPM (keterwakilan pemilik modal) untuk dilakukan seleksi selanjutnya,” paparnya.

Adapun tahapan yang tidak dilaksanakan, lanjut dia, adalah mekanisme wawancara akhir dalam menentukan satu orang yang lolos. Baik sebagai Dewas, direktur PDAM dan direktur PT Bogem.

“Ini tersampaikan di rapat Pansus, saat memanggil Timsel yang diketuai Sekda, dan degan para calon Dewas dan calon dereksi yang lolos tiga besar,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, seharusnya yang diwawancarai di akhir adalah tiga besar. Namun KH Salwa hanya memanggil satu orang calon direktur PDAM, satu orang calon direktur PT Bogem dan satu orang calon Dewas untuk dilakukan wawancara.

Demikian itu, kata dia, sangat bertentangan dengan PP 54 2017, Permendagri 37 tahun 2018, dan Perbub 52 tahun 2019.

Pansus menduga ada kesalahan fatal yang dilakukan Pansel, yang tidak secara utuh memberikan masukan dan telaah kepada KH Salwa dalam menindaklanjuti tahapan seleksi, sehingga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Atas semua itu, konsekuensi hukum dari SK pengangkatan direksi dua BUMD dan Dewas menjadi tanggung jawab KH Salwa. Di antaranya penggunaan anggaran APBD untuk seluruh tahapan seleksi, dan gaji yang sudah diterima direksi dan Dewan PDAM,” tegasnya.

Informasi dihimpun, Pansus DPRD Bondowoso telah melakukan pemanggilan terhadap Direktur BUMD yakni PT Bogem dan PDAM serta Dewas terpilih, bagian Hukum dan Perekonomian, mantan Pendftar Dirut dan Dewas, serta Pansel yang diketuai Sekda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com