Modus Rekrut Pegawai Bank, Seorang PNS Diamankan Polisi

Home / Berita / Modus Rekrut Pegawai Bank, Seorang PNS Diamankan Polisi
Modus Rekrut Pegawai Bank, Seorang PNS Diamankan Polisi Tersangka Mamik Suryaningsih, saat pres rilis di Mapolres Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indenonesia)

TIMESBONDOWOSO, PROBOLINGGO – Satuan Reserse Kriminal Polres Probolinggo, Jawa Timur, mengamankan seorang guru yang berstatus PNS, setelah dilaporkan melakukan penipuan berkedok perekrutan pegawai disebuah bank.

Pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka ini adalah Mamik Suryaningsih (38), Desa Wonorejo, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Korbannya adalah Siti Romlah (23) warga Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Informasi yang didapat, mdus operandi yang dilakukan tersangka adalah tersangka mengaku memiliki banyak kenalan yang bekerja di bank. Tersangka menjanjikan bisa memasukkan orang kerja di bank.

Untuk bisa menjadi karyawan bank, tersangka meminta uang Rp 30 juta kepada korban.

Tersangka mengaku, ia melakukan hal itu karena kondisi ekonominya kurang maksimal belakangan ini. Sebagai PNS di lingkungan Kabupaten Probolinggo, ia mengaku gajinya masih kurang untuk kebutuhan keluarganya.   

“Dengan iming-iming tersebut, pada 17 Agustus 2018, korban memberikan sejumlah uang yang diminta oleh tersangka. Dengan perjanjian, apabila dalam jangka waktu 5 bulan korban masih belum menjadi pegawai bank, maka uang tersebut harus dikembalikan,” terang Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, saat menggelar pres rilis beberapa hari lalu.

Kata Eddwi, karena  masih belum menjadi pegawai bank yang dijanjikan, korban melapor ke polisi. 

“Laporan yang kita terima tuduhan penipuan dari tersangka ini. Karena telah melakukan penipuan berkedok perekrutan pegawai bank, maka tersangka sebagai guru PNS ini dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” tambah Eddwi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com