Cegah Virus Corona, Dinkes Taliabu Lakukan Langkah Antisipasi.

Home / Berita / Cegah Virus Corona, Dinkes Taliabu Lakukan Langkah Antisipasi.
Cegah Virus Corona, Dinkes Taliabu Lakukan Langkah Antisipasi. Kantor Dinas kesehatan Pulau Taliabu. (FOTO: Husen Hamid/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, TALIABU – Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara melakukan langkah antisipasi pencegahan masuknya virus Corona ke Kabupaten Pulau Taliabu.

Langkah ini diambil Dinkes Pulau Taliabu mengingat Taliabu merupakan Kabupaten yang menampung tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari China,  negara yang memunculkan penyakit menyerupai lnfluenza (Influenza like illnesses) ini atau virus Corona.

Kepala Bidang pencegahan dan Penanganan Penyakit Menular Dinkes Pulau Taliabu, Sahrul La dua kepada TIMES Indonesia mengatakan, langkah antisipasi yang di lakukan adalah kordinasi ke Puskesmas lingkar tambang dan dokter di wilayah pertambangan.

"Karena Taliabu merupakan wilayah pertambangan, dimana ada terdapat pekerja asing dari negara China. Maka ada surat dari Provinsi Malut agar dihimbau kepada kami untuk  lakukan pengamatan terhadap pekerja asing yang keluar dan masuk di Taliabu," kata Sahrul, Senin (27/1/2020). "Dan oleh itu, kami juga melakukan pemantauan di wilayah lingkar tambang dan dalam pertambangan itu sendiri, kami mengimbau kepada puskesmas  agar meningkatkan  upaya pengamatan penyakit menyerupai lnfluenza di wilayah tugas masing-masing," ujarnya.

Sahrul juga menambahkan, pihak Dinkes juga telah melakukan kordinasi dengan dokter  yang bekerja di dalam wilayah pertambangan, terkait dengan virus Corona.

"Kami intensif melakukan komunikasi dengan dokter Indonesia  yang ada di dalam tambang agar ikut membantu kami memantau kesehatan pekerja asing, Karen penyakit ini sifatnya menular, jangan sampai terjangkit juga pada pekerja lokal. Dan Alhamdulillah sejauh ini tidak ada, ada juga yang sakit tapi hanya flu bisa saja, tidak mengarah ke virus Corona," tambahnya.

Jumlah TKA China yang bekerja di  tambang PT Adidaya Tangguh yang beroperasi di Pulau Taliabu belum diketahui jumlah pastinya. "Kami ini tidak dapat jumlah pasti TKA China yang bekerja di PT ADT, hal ini karena pihak tambang tidak koperatif dalam berikan data TKA mereka," ujar Ir. Syahjuan kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pulau Taliabu(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com