Indikator
  • Undercontruction

Pelabuhan Internasional New Tanjung Tembaga Bakal Terintegrasi dengan KA

Home / Peristiwa - Daerah / Pelabuhan Internasional New Tanjung Tembaga Bakal Terintegrasi dengan KA
Pelabuhan Internasional New Tanjung Tembaga Bakal Terintegrasi dengan KA Aktifitas bongkar raw sugar di pelabuhan Internasional New Tj. Tembaga Kota Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: PT. DABN for TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, PROBOLINGGOPelabuhan internasional New Tanjung Tembaga, di Kota Probolinggo, bakal menjadi pusat bongkar muat terbesar berikutnya di Jawa Timur. Kedepan kawasan pelabuhan ini akan terintegrasi dengan Stasiun KA Probolinggo.

Upaya itu, guna mempermudah akomodasi dan pengangkutan barang yang dibongkar muat pelabuhan internasional tersebut. Terutama untuk komoditi batu bara, yang dibongkar di pelabuhan New Tj. Tembaga.

Nantinya, dari pelabuhan, akan menyambung dengan stasiun. Dari stasiun, kemudian bisa menjangkau ke berbagai daerah, diantaranya sampai ke pusat industri Mojokerto.

Otomatis, akan ada desain tata ruang kota baru, dengan adanya pembangunan rel kereta api dari stasiun ke pelabuhan itu. Kepala Cabang PT. Delta Artha Bahari Nusantara (DABN), Djumadi mengatakan, rencana itu akan segera dilaksanakan.

Pembangunannya, diperkirakan akan mulai setelah terminal bongkar muat petikemas beroperasi penuh. “Integrasi dengan rel kereta api saat ini sudah masuk dalam kajian,” Katanya, ditemui di kantornya, Rabu (16/5/2018).

Jarak antara pelabuhan New Tj. Tembaga dengan areal stasiun, menjadi salah satu alasan. Untuk mengintegrasikan pelabuhan dengan rel kereta api. Sehingga budget yang dikeluarkan pun, juga tidak terlalu besar.

Integrasi antara Pelabuhan  internasional New Tanjung Tembaga dan rel Kereta Api (KA) ini, diharapkan mampu mengurangi beban kemacetan jalan darat. Sehingga jalur pendistribusian barang dari pelabuhan bisa dipercepat. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com