Indikator
  • Undercontruction

Hujan Sehari, Banyuwangi Dilanda Banjir

Home / Peristiwa - Daerah / Hujan Sehari, Banyuwangi Dilanda Banjir
Hujan Sehari, Banyuwangi Dilanda Banjir Kondisi rumah warga yang terdampak banjir bandang. (FOTO: Erwin Wahyudi / TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, BANYUWANGI – Hujan seharian yang melanda Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Songgon, membuat sungai Badeng yang berada di wilayah sekitar meluap, Tidak seperti biasanya banjir akibat luapan air kali ini disertai dengan lumpur dan masuk hingga pemukiman warga yang berada kecamatan Singojuruh. 

"Banjir tersebut akibat hujan di hulu yang berada di wilayah kecamatan Songgon. Banjir tersebut membawa material kayu dan lumpur, " tutur Dedy, kepala seksi pemeliharaan umum Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Selasa (15/5/2018).

Menurut Dedy, banjir tersebut masuk ke perkampungan karena jembatan di Desa Alasmalang, Singojuruh tersumbat oleh material kayu dan lumpur yang terbawa oleh banjir, sehingga air bercampur material tersebut meluap, sehingga masuk di perumahan warga termasuk kantor Kordinator Sumberdaya Air (KorSDA) Singojuruh, hingga ketebalan lumpur mencapai 20 sentimeter.

Dedy juga menjelaskan, banjir bandang tersebut melewati DAM Badeng, Bendosari, Siran, Sadimo, Tenggoro, Kaliweni, Pakel, dan terahir DAM Garit.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiiwa tersebut, meskipun arus air bercampur material kayu dan lumpur sangat deras. Dan meskipun masuk ke pemukiman warga dan kantor, tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan," jelasnya. 

Untuk kerugian materiil akibat banjir, Dedy mengaku masih akan melakukan pendataan dan koordinasi dengan warga sekitar. "Kita menunggu besok pagi karena belum jelas daerah mana saja yang terkena dampak banjir, terutama di bagian hulu," tuturnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com