Indikator
  • Undercontruction

Latih Otak Agar Selalu Optimis dengan Cara Ini

Home / Gaya Hidup / Latih Otak Agar Selalu Optimis dengan Cara Ini
Latih Otak Agar Selalu Optimis dengan Cara Ini ILUSTRASI: Optimis. (FOTO: Bacaan Madani)

TIMESBONDOWOSO, JAKARTA – Sifat optimis menjadikan orang akan selalu berpandangan baik dalam menghadapi segala persoalan. Studi menunjukkan bahwa orang optimis lebih bahagia, lebih kreatif, lebih cepat dalam memecahkan masalah dan memiliki kewaspadaan mental yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang pesimis.

Optimis juga merangsang tubuh untuk lebih sedikit mengeluarkan hormon kortisol dan lebih banyak mengeluarkan serotonin. Agar dapat selalu optimis, Anda harus melatih otak dengan benar. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk melatih otak agar selalu optimis, dilansir dari Klik Dokter.

Mengucap Syukur
Selalu merasa bersyukur dipercaya dapat meningkatkan hormon serotonin sekaligus menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Akibatnya, hal ini dapat meningkatkan motivasi dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Keseimbangan kadar hormon serotonin ternyata berperan dalam menghindarkan seseorang dari depresi dan bermanfaat dalam mengelola mood positif. Semakin sering Anda fokus pada rasa syukur, semakin optimis otak Anda di masa depan. Tuliskanlah setidaknya tiga hal yang Anda syukuri setiap hari.

Berbuat Baik
Berbuat baik dapat meningkatkan hormon dopamin di otak Anda. Pada otak, dopamin terlibat dalam proses berpikir, belajar, pergerakan, motivasi dan kepuasan. Bahkan, sesuatu yang sederhana seperti memberi senyuman atau pujian bisa membuat Anda merasakan kebahagiaan.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com