Indikator
  • Undercontruction

Peringati HKN, Bondowoso Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Home / Peristiwa - Daerah / Peringati HKN, Bondowoso Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Peringati HKN, Bondowoso Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Sekda Bondowoso, Hidayat, saat menyampaikan sambutan pada peringatan HKN di Desa Paguan, Kecamatan Taman Krocok, Bondowoso. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESBONDOWOSO, BONDOWOSO – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar bakti sosial (baksos) pelayanan kesehatan gratis. Baksos ini dipusatkan di Desa Paguan, Kecamatan Taman Krocok, Bondowoso, Jawa Timur. 

Ketua Panitia HKN Bondowoso, dr Rasmono menjelaskan dalam peringatan HKN kali ini, panitia melibatkan seluruh organisasi profesi kesehatan mulai dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), sampai apoteker.

Rasmono mengatakan, pelibatan semua praktisi kesehatan bertujuan untuk memberikan kontribusinya dalam peningkatan taraf kesehatan masyarakat Bondowoso. "Selain melibatkan para praktisi, jauh-jauh hari mahasiswa keperawatan dari Kampus Unibo dan Akademi Kebidanan (Akbid) Dharma Praja Bondowoso juga kita libatkan," katanya. 

PEngobatan-massalORadW.jpg

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Hidayat, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan para pegiat kesehatan dengan melibatkan organisasi profesi yang ada di Kabupaten Bondowoso. Hal ini, lanjut dia, merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah yang saat ini tengah berupaya meningkatkan angka harapan hidup yang masih berada dibawah rata-rata Jawa Timur yakni 66 tahun. 

"Angka harapan hidup Jawa Timur saat ini 73 tahun, kita masih dibawah itu. Untuk itu, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat karena kita tidak bisa mengandalkan APBD yang anggarannya terbatas," ujarnya. 

Ke depan, Hidayat berharap setiap desa nantinya bisa melaksanakan baksos serupa lewat alokasi dana desa (DD).

BaksosTDeRc.jpg

"Saya berharap setiap desa bisa mencontoh Desa Paguan dan tidak kehilangan inovasi untuk terus meningkatkan taraf kesehatan, perekonomian, dan pendidikan warganya," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Kadinkes Bondowoso dr Imron, Kepala RSU dr Koesnadi Suharto, jajaran Muspika Kecamatan Taman Krocok, Kepala Desa dan ribuan warga yang akan mengikuti pemeriksaan kesehatan secara gratis. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com