Indikator
  • Undercontruction

\'\'Kampung Tani\'\' Ajang Pamer Pertanian Organik Situbondo

Home / Peristiwa / \'\'Kampung Tani\'\' Ajang Pamer Pertanian Organik Situbondo
\'\'Kampung Tani\'\' Ajang Pamer Pertanian Organik Situbondo Pamiran kampung tani di Alun-alun Situbondo (Foto: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia) 

TIMESBONDOWOSO, SITUBONDO – Peringatan Harjakasi Kabupaten Situbondo, Bumi Sholawat Nariyah yang ke 199 diramaikan dengan acara pameran "Kampung Tani", Selasa (12/9/2017)

Kmpung Tani ini menampilkan berbagai hasil inovasi pertanian khusus di tiga Kecamatan Jatibanteng, Sumbermalang dan Banyugelugur.

Pantauan TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), masing-masing kecamatan memamerkan produk unggulan mereka. Ada berbagai macam hasil pertanian seperti cabai, sayur-sayuran, labu, kopi argopuro, madu, tembakau, teh tiwai, teh cascara, gula aren, pisang dan lainnya.

Selain itu ada kecamatan yang menghadirkan produk-produk olahan seperti keripik singkong, keripik pisang, dan aneka makanan lainnya.

Kabag Humas, Imam Hidayat, mengatakan ada banyak kelompok tani dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Situbondo yang ingin mengikuti pameran produk unggulan ini. Namun Pemkab Situbondo hanya fokuskan pada tiga kecamatan terpilih. 

kampung-taniLrqH2.jpgAneka produk pertanian yang dipamerkan di ajang Kampung Tani. (Foto: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

“Setiap Kecamatan memang diminta untuk menghadirkan produk unggulan di wilayahnya, bisa berupa produk mentah hingga produk olahan,” kata dia di lokasi pameran. 

Dia menuturkan ada sejumlah kecamatan yang telah menerapkan teknologi pertanian. Produknya seperti cabai dengan ukuran jumbo, sayur organik, serta beras organik.

Camat Sumbermalang, Sopan Efendi berharap "Kampung Tani"  dapat mengubah perilaku masyarakat supaya memanfaatkan lahan di rumah untuk menanam sayuran. "Seperti perwakilan dari Kecamatan kami, membawa sejumlah hasil pertanian seperti sawi, pisang, ubi, tomat, dan sayur-sayuran lainnya yang ditanam di halaman rumah," ucapnya.(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com